Info By WNMC

Weblog Informasi Terbaru

Gaya Hidup Kesehatan

Kenali Wasting Pada Anak, Ini Sebabnya!

Wasting Pada Anak

Kesehatan yaitu suatu keadaaan tubuh stabil dan ini sangat penting bagi manusia. Hal ini karena apabila tubuh kita sehat maka kita dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa ada gangguan pada tubuh kita. Tentu kesehatan ini berkaitan erat dengan pola hidup dan makan. Oleh karena itu, para orang tua perlu memperhatikan asupan makan dan gizi untuk sang anak agar terhindar dari gejala wasting pada anak.

Gejala ini jangan dianggap remeh karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sang anak. Umumnya wasting rentan dialami oleh anak di bawah 5 tahun (balita). Ada beberapa penyebab wasting terjadi, yaitu :

1. Kurangnya pemberian asupan gizi dan nutrisi pada anak.

2. Kurangnya pengetahuan orang tua tentang gizi, nutrisi serta kesehatan anak. Hal ini berpengaruh, karena makanan yang diberikan ibu kepada sang anak, kandungan nutrisinya kurang terpenuhi.

3. Makanan yang dikonsumsi sang anak kandungan gizinya kurang terpenuhi. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak. Makanan yang diberikan pada anak tentu akan mempengaruhi kesehatan sang anak.

Merujuk dari WHO (World Health Organization), ciri-ciri anak yang mengalami gejala tersebut yaitu memiliki berat badan yang kurang dari normal, sedangkan tinggi sang anak tetap bertambah. Hal ini mengakibatkan sang anak akan terlihat kurus, sehingga kondisi seperti dinamakan  wasting.

Apabila gejala ini pada anak terjadi maka anak tersebut akan tampak lemas, dan cenderung kurang aktif. Ada baiknya hal ini dikonsultasikan ke dokter anak. Selain itu, berikan susu penambah nafsu makanan yang telah dilengkapi dengan nutrisi sesuai kebutuhan sang anak. Selanjutnya yaitu memberi makanan yang kandungan gizi tercukupi baik antara lemak dan nutrisi untuk menaikkan berat badan sang anak.

Oleh karena itu, para orang tua perlu mengetahui kondisi kesehatan sang anak dan memperhatikan asupan gizi yang masuk ke tubuh mereka. Dampak wasting terhadap anak cukup berbahaya karena dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka. Apabila sistem kekebalan tumbuh anak lemah atau kurang kuat, maka ia akan mudah terserang penyakit seperti flu, batuk dan lainnya.