Info By WNMC

Weblog Informasi Terbaru

Otomotif Uncategorized

Mengenal Fitur-Fitur Keselamatan Pada Mobil

Sebagian besar mobil masa kini, sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur keselamatan. Fitur yang paling umum diketahui adalah sabuk pengaman atau seatbelt dan airbag. Fitur ini sangat berguna untuk meminimalisir dan mencegah cedera saat kecelakaan. Hal lain yang wajib Anda miliki sebagai proteksi adalah asuransi kecelakaan diri. Dengan begitu, Anda dan keluarga tidak perlu mengkhawatirkan biaya yang harus dikeluarkan jika terjadi kecelakaan. Lantas, apa saja fitur-fitur keselamatan yang terdapat pada mobil? Temukan jawabannya pada artikel di bawah ini.

asuransi kecelakaan diri

  1. Daytime Running Light (DRL)

Fitur ini dapat Anda temukan pada mobil keluaran baru yang berfungsi untuk keselamatan pengendara dan memberikan tanda kepada pengendara lain. DRL akan terus aktif selama mesin mobil menyala. Dengan adanya DRL, diharapkan mengguna lain dapat lebih mudah melihat keberadaan mobil Anda terutama saat ingin menyalip.

  1. Child Lock

Child Lock dapat ditemukan pada pintu tengah, baik kanan atau kiri. Fitur ini berfungsi untuk menjaga keamanan anak selama di mobil. Dengan mengaktifkan Child Lock, pintu mobil tidak dapat dibuka sendiri dari dalam. Tuas Child Lock seringkali tersenggol ke posisi Lock. Sehingga tidak jarang pemilik mobil mengira mobil mereka rusak karena tidak dapat dibuka dari dalam.

  1. Blind Spot Detector

Blind spot atau titik buta merupakan jarak pandang yang tidak terlihat oleh pengendara karena beberapa faktor. Untuk mengatasi hal tersebut, fitur Blind Spot Detector dibuat untuk mempermudah pengemudi melihat titik-titik area buta dari dalam mobil. Fitur ini aktif ketika ada benda atau kendaraan lain di area mobil yang tidak terlihat oleh pengendara. Peringatannya dapat berupa suara atau kedipan lampu.

  1. Anti-Lock Braking System (ABS)

Teknologi ini berada pada bagian rem mobil. Fitur ini sangat berguna ketika pengendara mobil mengerem secara mendadak yang dapat menyebabkan kecelakaan dan orang yang di dalam mobil mengalami benturan. Tanpa ABS, kemungkinan besar roda mobil akan terkunci dan mobil tergelincir saat pengereman mendadak. Dengan adanya fitur ABS, kecelakaan tersebut dapat dihindari.

  1. Auto-dimming Rear View Mirror

Salah satu hal yang dapat membuyarkan konsentrasi pengendara adalah lampu high beam (bim) dari mobil lain di belakang. Auto-dimming berfungsi untuk meredupkan kaca spion tengah secara otomatis ketika mobil di belakang menyalakan lampu high beam. Ciri mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur ini yaitu terdapat tombol on-off pada spion tengah.

Teknologi-teknologi tersebut diciptakan untuk keselamatan pengemudi dan orang-orang yang berada di dalam mobil. Tingkat kecelakaan mobil yang tinggi membuat para produsen mobil menciptakan fitur-fitur keselamatan tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang dunia otomotif, ya!