Info By WNMC

Weblog Informasi Terbaru

Teknologi

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Topologi Jaringan

Topologi merupakan sebuah metode atau cara yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan kabel atau tanpa kabel (nirkabel). Pemilihan dari metode ini berdasarkan pada skala jaringan internet service provider, biaya, tujuan penggunaan, dan penggunanya itu sendiri.

internet service provider

Fungsi Topologi

Fungsi dari metode penghubungan ini adalah untuk mengetahui bagaimana masing-masing komputer atau host yang ada dalam sebuah jaringan komputer bisa saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Dengan adanya metode ini maka akan semakin memudahkan kamu dalam melakukan proses pertukaran informasi, data, maupun komunikasi yang bisa kamu lakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Jenis-Jenis Topologi

Dalam sistem topologi jaringan, ada beberapa jenis yang perlu kamu ketahui. Berikut ini ada jenis-jenis metode jaringan yang perlu Anda ketahui.

Topologi Bus

Topologi bus merupakan sebuah metode penghubungan komputer yang pertama kali bisa Anda gunakan. Pada masing-masing komputernya akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal sekaligus. Namun, semua itu harus berakhir di satu terminator saja.

Kini, metode ini sudah sangat jarang terpakai dalam proses membangun sebuah jaringan internet service provider biasa, karena memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan ini antara lain adalah sering terjadinya tabrakan aliran data. Jika salah satu perangkat terputus, maka jaringan pun akan langsung tidak berfungsi.

Topologi Ring

Topologi ring merupakan jenis metode jaringan yang sering orang gunakan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain dalam sebuah rangkaian yang berbentuk melingkar. Pada umumnya, jenis metode jaringan ini hanya menggunakan LAN card. Tujuannya adalah agar masing-masing komputer bisa terkoneksi dengan baik.

Metode ini sering teraplikasikan dalam suatu jaringan yang memang memiliki performa yang cukup tinggi. Selain itu, penggunaannya untuk jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur time-sensitive.

Masing-masing titik pada metode ini memiliki fungsi sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal. Pada masing-masing perangkatnya ini akan saling bekerjasama untuk menerima sinyal yang berasal dari perangkat sebelumnya. Kemudian, proses ini akan diteruskan pada perangkat setelahnya. Proses penerimaan dan penerusan sinyal data ini akan dibantu oleh Token.

Topologi Star

Metode jaringan bintang ini merupakan sebuah metode jaringan internet service provider yang pada umumnya akan menggunakan hub atau switch untuk koneksi antar kliennya. Metode jaringan star ini paling sering digunakan karena memiliki banyak kelebihan. Nah, salah satu kelebihannya adalah memiliki tingkat keamanan yang cukup baik, dan jauh lebih fleksibel dalam penggunaannya.

Topologi peer to peer

Topologi ini merupakan metode jaringan yang sangat sederhana. Pada metode ini hanya akan menghubungkan antara 2 komputer saja. Pada umumnya, jenis topologi ini hanya menggunakan satu kabel saja untuk bisa menghubungkan kedua komputer tersebut. Tujuannya adalah agar kedua komputer tersebut bisa saling berbagi data dengan lebih mudah dan praktis.