Info By WNMC

Weblog Informasi Terbaru

Bisnis Uncategorized

Struktur Organisasi Mayora Bagus Mengantarkan Pada Puncak Kesuksesan

Sebuah perusahaan berkembang dan majua tak terlepas dari struktur organisasi perusahaan tersebut. Sama halnya dengan PT. Mayora Indah Tbk yang produknya telah mencapai pasar luar negeri hingga 5 benua. Hal ini tentu tak lepas dari peran struktur organisasi mayora beserta orang-orang yang kredibel. Pencapaian ini tentu tidak dengan instan, berawal dari perusahaan makanan dengan target pasar lokal seiring berkembangnya tahun PT Mayora Tbk saat ini telah menjadi produsen makanan dan minuman terbesar di Indonesia.

Struktur organisasi Mayora

Dibalik suksesnya perusahaan ini, terdapat struktur organisasi yang baik sehingga dapat menjalankan perusahaan terus berkembang hingga di posisi sekarang. Berikut ini struktur organisasi di PT. Mayora Tbk yaitu :

  1. RUPS

RUPS singkatan dari rapat umum pemegang saham. RUPS diikuri oleh orang perseroan yang memiliki kewenangan yang tidak diberikan kepada direksi atau dewan komisaris dalam batas yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan anggaran dasar perusahaan. Wewenang tersebut meliputi meminta pertanggung jawaban dari dewan direksi dan dewan komisaris berkaitan dengan pengelolaan perusahaan, memutuskan pembagian tugas, mengubah anggaran dasar hingga mengangkat dan memberhentikan direksi.

  1. Dewan Komisaris

Dewan Komisaris memiliki tugas mengawasi secara umun ataupun khusus berdasarkan dengan anggaran dasar perusahaan . Selain itu dewan komisaris juga bertugas memberikan masukan kepada Direksi agar visi dan misi perusahaan tercapai. Di PT. Mayora Tbk posisi Dewan Komisaris dipegang oleh 4 orang yaitu Hermawan Lesmana, Gunawan Atmaja, Suryanto Gunawan, Anton Hartono.

  1. Komite audit

Komite audit yaitu sebuah komite yang dibentuk oleh dewan komisaris. Komite tersebut bertanggung jawab kepada Dewan komisaris dalam membantu melaksanakan tugas beserta fungsi Dewan Komisaris. Kewenangan membentuk komite ini berada di tangan dewan komisaris. Untuk komite audit terdiri dari tiga orang yaitu Suryanto Gunawan, Budiono Djuandi, Antonius Wirawan

  1. Direktur Utama

Tugas direktur utama dapat luas ataupun terbatas, tergantung dari peraturan perusahaan tersebut dan ini merupakan jabatan tertinggi di sebuah perusahaan. Namun, pada umumnya direktur utama mempunyai tugas memimpin, mengelola (meanajer), hingga pengambil keputusan serta sebagai komunikator. Memiliki peran dalam pengambilan keputusan atau kebijakan terkait strategi yang akan dilakukan, maka dari itu peran direktur utama sangat penting. Selain itu, sebagai seorang komunikator dikrektur utama juga dapat memberikan saran kepada para dewan direktur lainnya, hingga memotivasi karyawan untuk memacu semangat dalam mencapai tujuan perusahaan.  Selain memimpin, dan menjadi seorang komunikator direktur utama juga memiliki peran sebagai manajer yaitu mengawasi pergerakkan perusahaan setiap bulannya, hingga tahun. Direktur utama di PT. Mayora Tbk yaitu Andre Sukendra Atmajaya.

  1. Direktur Supply Chain

Direktur Supply Chain ini memiliki tugas yaitu memastikan segala kebutuhan terpenuhi serta biaya yang dikeluarkan seminim mungkin dengan tetap menjaga kualitas produksi tanpa harus menguranginya. Pada intinya seorang direktur supply chain memiliki tanggung jawab terhadap produktivitas, kualitas hingga efisiensi dalam bidang operasional perusahaan. Posisi ini di PT. Mayora Tbk dijabat oleh Hendra Atmajaya.

  1. Direktur Umum dan Operasional

Posisi ini di PT. Mayora Tbk dijabat oleh Waedhana Atmaja. Umumnya direktur umum dan operasional bertugas tanggung jawab atas semua kegiatan operasional dalam sebuah perusahaan. Hal itu mencakup semua psroses dari perencanaan hingga pelaksanaan operasional perusahaan.

  1. Direktur Keuangan

Direktur Keuangan memiliki tugas menerapkan strategi dan perencanaan keuangan perusahaan, termasuk mengembangkan dan perencanaan jangka panjang. Direktur Keuangan di PT. Mayora yaitu Hendrik Polisar.

  1. Direktur Pemasaran

Sedangkan untuk direktur Pemasaran memiliki tanggung jawab dalam operasional pemasaran secara keseluruhan mulai dari kegiatan perencanaan, menggarahkan hingga pewasai setiap proses kegiatan pemasaran peruhaan.

Itula beberapa jabatan penting organisasi yang ada di PT. Mayora Tbk. Dari struktur jabatan tersebut dapat dilihat Mayora memperhatikan secara menyeluruh tentang perusahaan mereka. Struktur organisasi Mayora yang telah tersusun rapi tersebut membuat para investor yakin dan percaya pada perusahaan ini unuk menanamkan modal mereka.