Info By WNMC

Weblog Informasi Terbaru

Bisnis Industri Uncategorized

Tujuan Dan Manfaat Jasa Ekspor Barang

Sejak dulu, Indonesia sudah mengekspor ke pedagang negara lain. Para migran dari seluruh dunia telah berbondong-bondong berdagang ke masyarakat Indonesia sejak abad ke-5. Pedagang membeli rempah-rempah di Indonesia, ada juga yang menukarkan barangnya dengan rempah-rempah. Sejak abad ke-16, para pedagang dari Eropa mulai datang ke Indonesia untuk membeli rempah-rempah.

Ekspor adalah kegiatan menjual suatu barang atau jasa dalam negeri kepada pihak luar negeri. Barang yang dijual oleh pihak dari dalam negeri yaitu berupa hasil alam yang melimpah seperti rempah-rempah, biji kopi, dan bahan lainnya. Biasanya kegiatan ekspor di Indonesia bisa langsung maupun tidak langsung.

Ekspor langsung adalah kegiatan menjual barang atau Jasa Ekspor Barang melalui eksportir ke negara lain. Sedangkan ekspor tidak langsung adalah kegiatan menjual melalui perantara ke negara lain. Di Indonesia, ekspor dibagi menjadi 2 bagian, yaitu migas dan nonmigas. Bahan migas terdiri dari golongan bensin, minyak bumi, tanah, gas dan solar. Sedangkan bahan nonmigas meliputi hasil industri, kelautan, perkebunan dan pertanian.

Tujuan Ekspor

Tujuan diadakannya kegiatan ekspor adalah sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah bagi negara dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat. Namun jika kedua kegiatan tersebut terpisah, maka ekspor dan impor memiliki tujuan yang berbeda namun saling berkaitan. Berikut beberapa tujuan kegiatan ekspor, antara lain:

  • Buka perdagangan di luar negeri.
  • Meningkatkan pendapatan devisa.
  • Tambahkan harga jual yang tinggi.

Manfaat Ekspor

1. Meningkatkan pendapatan devisa

Devisa merupakan pendapat yang sangat penting untuk meningkatkan perekonomian suatu negara berkembang atau maju. Oleh karena itu, kegiatan ekspor menghasilkan devisa dalam jumlah besar.

2. Memperluas perdagangan produk dalam negeri

Kegiatan ekspor memegang peranan sentral dalam pemasaran produk dalam negeri ke luar negeri, sehingga semakin besar permintaan produk perdagangan di pasar luar negeri, maka semakin besar pula produksi yang dihasilkan di dalam negeri.

3. Menambah kesempatan kerja

Tersedianya kesempatan kerja yang besar dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran di dalam negeri. Dengan adanya kegiatan produk ekspor di dalam negeri, kegiatan tersebut berperan dalam meningkatkan kesempatan kerja. Dengan demikian, untuk meningkatkan hasil produksi, efisiensi yang tepat adalah dengan menambah jumlah lapangan kerja.

5. Meningkatkan kerjasama antar negara

Kerjasama antar negara dalam bidang ekonomi sangat penting, karena masing-masing negara membutuhkan barang atau bahan satu sama lain.

Dampak Negatif Ekspor

Ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari ekspor, antara lain sebagai berikut:

1. Produsen kurang efektif dalam kegiatan produksi

Kurangnya efisiensi dalam produksi dalam negeri terjadi karena kurangnya persaingan untuk meningkatkan produksi yang dihasilkan.

2. Pertumbuhan ekonomi negara terganggu

Terganggunya pertumbuhan ekonomi negara terjadi karena jumlah pendapatan devisa yang diterima negara semakin berkurang. Demikian ulasan tentang Tujuan Dan Manfaat Jasa Ekspor Barang semoga bermanfaat.